ALI FARM - Jual Ayam Petarung Asli Import Filipina - Melayani pemesanan / pengiriman ke seluruh wilayah kota provinsi - Info Hubungi : 0853 1111 8721

Manfaat Rumput Teki Untuk Ayam Sabung Untuk Menjaga Kesehatan


Bagi dunia ayam, salah satunya ayam sabung mempunyai badan kuat,sehat dan stamina mantap merupakan prioritas yang paling utama. Karena hal ini merupakan faktor utama untuk mendapatkan kemenangan dalam sebuah pertandingan. Mempunyai ayam laga contohnya ayam bangkok yang sehat, mempunyai stamina kuat dan tidak mudah terserang penyakit adalah harapan dari para penghobi ayam sabung. Sangat disayangkan jika mempunyai ayam sabung dengan kwalitas yang hebat, cara bertarung yang mantap, berasal dari gen juara dan sebagainya tetapi memiliki masalah dengan kesehatan/stamina kurang mantap. Hal seperti itu pasti akan merugikan atau membuat kecewa para pemiliknya, karena kesehatan dan stamina yang prima merupakan faktor utama untuk dapat memenangkan pertandingan.

Dalam menjaga kesehatan ayam sabung, maka harus dijaga pola makanan dan cara merawatnya. Perlu diketahui, dalam menjaga kesehatan badan ayam ini tidak harus selalu mengeluarkan biaya mahal dengan tanpa biaya pun sebenarnya bisa, karena anda dapat memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah atau halaman. contohnya saja bila dapat menggunakan obat tradisional yang dapat menyehatkan badan ayam aduan seperti akar rumput teki. Kenapa rumput teki??
Rumput Teki dan terkadang disebut Teki, Mota, Koreha wai, Rukut Teki, Rukut Wuta merupakan rumput palsu,yang dapat hidup sepanjang tahun dengan ketinggian 10 hingga 75 cm. Dan untungnya tanaman ini biasanya tumbuh liar di kebun, ladang ataupun tempat lain dengan ketinggian sampai 1000 m dari permukaan laut. Dan juga tanaman ini mudah dikenali karena bunga-bunganya berwarna hijau kecoklatan, terletak di ujung tangkai dengan tiga tunas helm benang sari berwarna kuning jernih, membentuk bunga-bunga berulir, berkelompok menjadi satu berupa payung. Adapun ciri khasnya terletak pada buahnya yang berbentuk kerucut besar pada pangkalnya, kadang-kadang melekuk berwarna coklat, dengan panjang 1,5 - 4,5 cm dengan diameter 5-10 mm. Kalau untuk daunnya berbentuk pita, berwarna mengkilat dan terdiri dari 4-10 helai, terdapat pada pangkal batang membentuk rozel akar, dengan pelepah daun tertutup tanah. Pada rimpangnya yang sudah tua terdapat banyak tunas yang menjadi umbi berwarna coklat atau hitam. Bila dimakan rasanya sepat kepahit-pahitan dan baunya wangi. Umbi-umbi ini biasanya mengumpul berupa rumpun, menggerombol. Wah, saya jadi ingat waktu kecil sering mainan umbi-umbian rumput teki, ternyata akar rumput ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan ayam.
 Kandungan yang dimiliki oleh akar rumput teki ini antara lain:
• alkaloid, glikosida jantung, flavonoid dan minyak menguap sebanyak 0,3-1% yang isinya bervariasi, tergantung daerah asal tumbuhnya.
• Minyak essensial yang diperoleh dari umbi rumput teki ini mengandung sedikitnya 27 senyawa yang terdiri dari seskuiterpen, hidrokarbon, epokside, keton-keton, monoterpen dan alifatik alkohol serta beberapa senyawa lain  yang belum dapat diidentifikasi. walaupun terdapat beberapa senyawa yang belum dapat diidentifikasi, namun umbi dari akar rumput teki ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ayam aduan. Karena dengan pemberian akar rumput teki ini sesuai dengan takarannya, akan membuat kulit ayam aduan cepat merah pertanda kondisi ayam aduan tersebut sehat. (sumber: buku obat tradisioanal).

Cara pemberian seperti jamu pada umumnya, yaitu ditumbuk selanjutnya diberikan pada ayam. Sehari hanya sekali sebesar kelereng. Dan juga bisa dengan cara memasaknya lalu airnya diminumkan pada ayam sabung.