ALI FARM - Jual Ayam Petarung Asli Import Filipina - Melayani pemesanan / pengiriman ke seluruh wilayah kota provinsi - Info Hubungi : 0853 1111 8721

Cara Merawat Ayam Filipin Mabung/Ngurak/Nyulam/Ganti Bulu

 Masa pergantian bulu pada ayam laga atau unggas lainnya sering disebut dengan istilah Mabung, Ngurak, Nyulam atau Moulting. Hal ini merupakan hal yang rutin terjadi kurang lebih 1 tahun sekali. Hampir di setiap tahunya ayam akan mengalami Mabung dengan masa mabung yang relatif cukup lama antara 2 sampai 5 bulanan. Karena hal ini sudah pasti terjadi pada setiap ayam khususnya ayam jago aduan alangkah baiknya penghobi ayam laga mengetahui beberapa poin perawatan pada masa ini. Langgsung saja akan dipaparkan sebagai berikut:

•    Sebaiknya ayam aduan yang sedang mabung jangan diadu atau di abar dulu. Karena pada proses ganti bulu keadaan psikologis atau mental ayam tidak setabil dan yang ditakutkan bila nantinya ayam menjadi pedot atau jatuh mental dan akhirnya tidak berani ayam.

•    Memastikan dulu bahwa ayam telah memasuki periode ganti bulu, dengan cara melihat kandang ayam tersebut ada atau tidaknya beberapa helai bulu yang rontok utuh (bukan patahan). Apabila kondisi rontok bulu ini berlangsung terus menerus selama seminggu dipastikan bahwa ayam memasuki periode ganti bulu.

•    Untuk mempercepat perontokan bulu ayam, segera lakukan pencabutan bulu yang telah mati, misalnya bulu yang patah dan di bagian pangkal bulu berwarna putih (tidak berwarna gelap yang menandakan bulu masih aktif). Dan pemberian pakan voor (bisa 592 atau 594 dicampur dengan nasi untuk mempercepat perontokan bulu yang tua). Selanjutnya  penempatan ayam di kandang yang gelap dan teduh, namun tidak lembab. Hindarkan kandang dari sinar matahari langsung. Dalam seminggu akan terjadi proses perontokan bulu yang cepat.

•    Ayam yang sedang mabung dikurung, dengan kondisi kurungan tertutup kain. Seperti burung murai yang berada dalam kurungan di krakap kain. Biarkan selama 1 minggu, jangan pernah di pindahkan dari kurungan dan jangan di buka krakapnya. Krakap dibuka hanya ketika diberi makan dan minum saja. Beri makan "Krese/pete rese" mungkin anda menyebutnya udang rebon. Selama proses ini kotoran ayam tidak usah dibersihkan, dan sekali lagi krakap jangan dibuka. Tujuannya adalah agar tekanan kelembaban / suhu hangat dalam kurungan tidak keluar. Hal ini ditujukan untuk mempercepat proses rontoknya bulu.

•    Setelah kurang lebih 1 minggu bulu-bulu yang lama rontok akan berganti dengan yang baru, krakap sudah boleh dibuka.
•    Ternyata banyak penghobi yang belum menyadari tentang kondisi ayam pada masa mabung membutuhkan banyak mineral dan protein. Penghobi ayam laga masih saja memperlakukan ayamnya dengan ransum biasa, padahal ayam yang mengalami proses ganti bulu lebih memerlukan perhatian ekstra terutama diberikan pakan khusus yang lebih bergizi tinggi dan mineral serta vitamin yg cukup. Pemberian pakan yg mengandung kadar protein yg lebih perlu diberikan karena pada fase ini ayam memerlukan energi yg  lebih banyak. Bila kebutuhan mineral dan protein tidak tercukupi dalam jumlah yang memadai maka ayam laga akan mengalami penurunan kualitas fisiknya. Efek selanjutnya yang dapat terlihat adalah kondisi berpengaruh pada saat ayam aduan kelak bertarung dimana ayam terlihat lebih lemah dan jadi lemas. Sering di temui di kandang bebotoh, ayam laga yang dalam fase ganti bulu bermuka pucat kurang gairah dan terlihat lemas. Itu…

•    Ayam aduan tidak memerlukan pemberian MINYAK IKAN yang berlebihan. Ini bisa dinilai dari sehelai bulu ayam yg mengandung 85% protein, 2.5% lemak, 1.5% serat kasar, 0.2% kalsium dan 0.75% phosporus (berdasarkan penelitian Charoen Phokpand). Karena minyak ikan mengandung ASAM LINOLEAT 99% sebaliknya ayam hanya membutukan asam linoleat 1% saja. Jadi dengan dilihat komposisi kandungan bulu, maka ayam tidak memerlukan minyak ikan. Namun pada saat ganti bulu,ayam lebih membutuhkan protein, vitamin dan mineral yg cukup.

•    Ayam juga tidak membutuhkan tenggaran/umbaran yang rutin, ayam cukup diumbar 3 hari sekali saja untuk mengepakkan sayam dan melemaskan otot yang kaku. Memegang ayam yang berganti bulu juga harulah berhati-hati dan kalau bisa dihindari, karena bulu masih muda dan akan  terasa sakit bila dipegang. Dan kemudian jangan sekali-sekali ayam yang sedang mabung digabungkan dengan ayam betina, karena bulu mengandung phosporus yg tinggi, yang merupakan makanan yang paling diminati dan santapan lezat bagi ayam betina. Perlu juga diketahui bahwa ayam aduan sedang masa mabung, perhatikan saat ingin melakukan perkawinan dengan induk betina, sebaiknya perhatikan pola pakanya. Karena pada saat mabung ayam  tidak memiliki nafsu yang cukup tinggi, hal ini di sebabkan akibat kekurangan karbohidrat dalam tubuhnya. Juga sperma serta anakan yang di hasilakan juga kurang berkualitas nantinya. Maka dari itu, jika ingin mengawinkan ayam bangkok yang sedang mabung, sebaiknya di tambah dan di berikan pakan berupa karbohidrat serta protein yang lebih banyak.

•    Selama mabung memakan waktu beberapa bulan, jangan lupa untuk memperhatikan kandang ayam, jangan menempatkan ayam yang memiliki sudut-sudut kandang yang cukup tajam yang dapat mengganggu pertumbuhan bulu dan bahkan bisa merusak bulu muda yang baru tumbuh. Hal ini juga harus menjadi perhatian karena jangan sampai seluruh upaya keras lainnya menjadi sia-sia belaka karena penempatan kandang ayam yang tidak tepat. Dengan kata lain, untuk ayam yang sedang mengalami penggantian bulu, mulai dari makanan, pengumbaran, dan penempatan kandangnya tetap harus menjadi diperhatikan agar proses pergantian bulu dapat berjalan dengan sempurna.

•    Setalah ayam aduan bulunya sudah mulai tumbuh dengan rapat dan sempurna perlu ada pelatihan seperti melatih ayam muda. Untuk mengembalikan kondisi seperti sedia kala perlu di lakukan pelatihan rutin seperti sedia kala. Juga dalam hal pakan kembalikan seperti semula, memandikan serta menjemur ayam seperti sedia kala. Jika ayam dirasa sudah sehat dengan sempurna,sebaiknya bersihkan bulu halus ayam dengan menggunakan kapur sirih yang telah di campur air. Dan akhirnya selesai proses mabung dan pengembalian kondisi fisik dan ayam laga setelah mabung dan latihan yang baik akan lebih tangguh dari sebelumnya.